Silahkan meng-copy / meng-edit dokumen di blog ini (tanpa menghilangkan sumber dan penulis)

Pengertian Seni Rupa

admin



Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.

Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts

Bidang seni rupa

1.Seni rupa murni
  • Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.
  • Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan , secara teknis disebut dengan matrix. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.
  • Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).
  • Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini. Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, cahaya, gerak dan interaksi spektator (pengunjung pameran) sebagai konsepsi akhir dari olah rupa
  • Seni pertunjukan (Bahasa Inggris: performance art) adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton. Meskipun seni performance bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater, tari, musik dan sirkus, tapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah 'seni pertunjukan' (performing arts). Seni performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer.
  • Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya. Venus of Dolni Vestonice adalah karya keramik tertua yang pernah ditemukan.
  • Seni film
  • Seni koreografi
  • Seni fotografi
2. Desain
  • Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut
  • Disain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak
  • Desain industri (bahasa Inggris: Industrial design) adalah seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan. Desain industri menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna atau garis dan warna atau gabungannya, yang berbentuk 3 atau 2 dimensi, yang memberi kesan estetis, dapat dipakai untuk menghasilkan produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri. Kriteria desain industri adalah baru dan tidak melanggar agama, peraturan perundangan, susila, dan ketertiban umum. Jangka waktu perlindungan untuk desain industri adalah 10 tahun
  • Desain Interior
  • Desain Busana
3.Kriya
  • Kriya tekstil
  • Kriya kayu
  • Kriya keramik
  • Kriya rotan
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa

25 komentar:

Unknown mengatakan...

thankyouu for information learnn

Anonim mengatakan...

makasih.. numpang kopi gambarnya ya..

Anisa Maulina mengatakan...

makasih banyak artikelnya

blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2013/04/15/42-tahun-perjalanan-margahayuland/

Unknown mengatakan...

gan,, gua minta izin copas blogx......

farida amalia mengatakan...

Terimakasih infonya, bermanfaat sekali ^^

Anonim mengatakan...

lumayan
seni adalah kehidupan
implementasi hasrat dan ambisi.

Riya mengatakan...

thank tlisanx mginpirasi

dhea septiara vhany mengatakan...

mksh udh buat saya mengerti :D

Anonim mengatakan...

cadetttt :p

jaket kulit mengatakan...

salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

power bank mengatakan...

aku sangat suka seni rupa, seni itu hidup, hidup itu seni :D

UNLEASH THE BEAST mengatakan...

That is a signal to others that maybe you ought to be doing in like way I can eh you can take after leases when they leave a falling vessel in mild of the truth that I know the vessel is falling I don't Halocel know I'm going on now on Aug 12 talk about preparations here now a creative solution on make you know how algae you know see waiting and that kind thing helps you I get your drive on and analyze whether I would see done exculpates some other rays contaminants well I don't assume that I dual purpose her mid-section would be.

http://renovocremefacts.com/halocel/

Mr. Dark mengatakan...

Off coaching or cause the wrong muscle to develop Next we have inadequate diet strategy as a root cause Poor diet strategy without the essential nutritional supplements to aid in the intestinal function of the required resources will result in lesser development as the human body undergoes tremendous stress to be able to develop When nourishment is.

http://bestbody-buildingworkouts.com/

Mr. Dark mengatakan...

Body system feeling the hand extensors tighten as the bodyweight draws near Repeat this movement as needed Using the above mentioned techniques one should be able to concentrate on the hand muscle tissue pretty well It is to carry out these concentrated hand exercises at the end of one's.

http://bestbodybuilding-training.com/

Unknown mengatakan...


premium cleanse
right up already high crime begin guy really so I mean how many say they said if you don't eat twenty five hundred dollars a day that you're a fail but I do think that calendar are important if you have come from a historian under eating and for a lot of people saying well I'm eating intuitively I eat what I do you
http://optimalstackfacts.us/premium-cleanse-effective-waste-removal

Unknown mengatakan...

Affairs farming is no longer seen as an alias ndeso plebeian activities. The proof, in many cities are beginning to apply farming alias urban farming in urban areas.
Bandar togel hongkong

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Seni rupa, adalah seni yang mengekspresikan bentuk dan warna. Seni 2 dimensi berupa lukisan, 3 dimensi berupa patung

Posting Komentar